May 25, 2012

Membangun Infrastruktur Jaringan Sederhana

Anda pernah ke warnet yang sekaligus menjadi game centre? Jika pernah anda tentu tahu bahwa semua komputer terhubung satu sama lain sehingga dapat bermain secara lokal atau pun via internet. Hal itu dimungkinkan dengan teknologi Local Area Network (LAN). LAN saat ini banyak sekali manfaatnya. Dengan LAN, anda bisa melakukan komunikasi antar PC dan menggunakan sebuah sumber daya secara bersamaan.


Untuk membangun sebuah LAN yang sederhana saat ini tidaklah terlalu mahal. Itu tentu saja diluar harga paket komputer yang dipakai. Untuk membangun sebuah LAN maka peralatan standar yang dibutuhkan antara lain adalah switch, kabel UTP, RJ45, hub, dan kerimping. Jika ingin memasang internet pada jaringan maka dibutuhkan modem. Modem kini biasanya disediakan oleh internet service provider.

Switch merupakan peralatan utama jaringan. Switch digunakan untuk memfilter data dan mengatur distribusinya. Switch memiliki beberapa port. Setiap port akan menghasilkan keluaran dengan kecepatan sama dengan kecepatan masukannya. Artinya tidak ada pembagian bandwith pada setiap portnya.

Hub berfungsi mirip dengan switch tapi tidak secanggih switch. Hub tidak memfilter data tapi hanya menguatkan sinyal. Pada port-port keluarannya akan dilakukan pembagian bandwith yang masuk. Hub biasanya digunakan untuk menyambung kabel jaringan yang tidak menjangkau suatu tempat.

Kebel UTP disebut juga kabel jaringan. Lewat kabel inilah paket-paket data akan dikirim. Pada ujung-ujung kabel ini dipasang RJ45. RJ45 adalah colokan untuk jaringan. Untuk memasang RJ45 ke kabel digunakan alat yang disebut kerimping. Dalam membuat sebuah kabel jaringan, ada 3 model yang digunakan yaitu straight through, cross-over dan roll-over. Straight through digunakan untuk menghubungkan PC dengan hub atau router. Croos-over untuk menghubungkan PC ke PC atau switch ke switch. Roll-over untuk membuat kabel console. Saat ini sudah banyak device yang dapat menggunakan baik itu straight through maupun cross-over.

Membuatnya paling mudah dengan model topologi star. Semua alat dihubungkan ke switch dengan menggunakan kabel jaringan. Salah satu PC dapat difungsikan sebagai server. Jika menggunakan internet, modem disambungkan ke switch dan salah satu komputer dapat dijadikan proxy server. Jika semua telah terpasang, hal yang paling penting selanjutnya adalah melakukan setting TCP dan IP addres. Setelah settingan selesai, LAN siap diapakai.

No comments:

Post a Comment