May 23, 2012

Topologi Jaringan Komputer

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan manusia. Banyak sekali gadget yang diciptakan demi bisa mengakses internet. Mulai dari mobile modem, smartphone, netbook dan yang lagi trend saat ini adalah tablet. Hal ini tentu sangat wajar mengingat betapa nilai informasi sangatlah penting saat ini. Baik itu untuk keperluan bisnis ataupun sekedar social engineering.


Internet merupakan jaringan komputer yang sifatnya global. Orang di seluruh dunia mampu melakukan pertukaran data lewat jaringan internet. Di dunia kerja pun sudah banyak organisasi yang menggunakan LAN atau WAN dalam penerapan sistem manajemen informasinya.

LAN (Local Area Network) adalah sekumpulan perangkat, umumnya berupa komputer, dalam sebuah area yang sangat terbatas yang dapat berkomunikasi satu sama lain. Bentuk komunikasi yang dilakukan adalah pertukaran data. Teknologi yang ada sekarang sudah sangat memungkinkan pertukaran data yang cepat dalam sebuah LAN.

Topologi Bus/Tree

LAN jika dilihat dari segi topologi jaringannya dapat dibagi ke dalam topologi bus/tree, topologi ring, topologi star dan topologi mesh. Topologi bus/tree bentuknya seperti pohon dengan beberapa cabang. Server berada pada salah satu ujungnya dan sifat komunikasi datanya serial. Jadi jika salah satu titik terputus, maka terminal selanjutnya tidak akan kebagian data.
Topologi Ring

Topologi ring bentuknya seperti cincin. Komputer terhubung seperti sebuah cincin dimana salah satunya adalah server. Pada model ini komunikasi data bergerak hanya searah. Jadi mirip seperti topologi bus, jika ada gangguan komunikasi data ditengah jalan, akan ada bagian yang tidak memperoleh data. Saat ini sudah ada jenis topologi ring yang lebih baik. Pada model terbaru, jika terjadi kerusakan pada sebuah terminal, data akan dikirimkan pada arah yang berlawanan. Sehingga semua terminal dapat memperoleh data.

Topologi Star

Topologi star berbentuk seperti bintang. Sebuah switch atau hub terhubung dengan beberapa komputer. Switch ini yang berfungsi sebagai pengatur lalulintas data. Sifat dari model ini adalah paralel. Sehingga jika ada satu terminal yang bermasalah tidak akan mempengaruhi terminal yang lain. 

Topologi mesh memungkinkan semua komputer/terminal bekomunikasi secara langsung. Model ini yang paling baik karena memungkinkan pertukaran data lebih cepat. Sayangnya model ini membutuhkan relatif banyak biaya mengingat banyaknya kabel yang diperlukan.

Untuk membuat sebuah LAN maka peralatan dasar yang diperlukan adalah beberapa komputer, kabel jaringan, RJ45, switch/hub dan sistem jaringan. Pemilihan jenis topologi yang digunakan dalam membangun sebuah LAN akan sangat bergantung pada kebutuhan user. Kebutuhan user ini dipengaruhi oleh sistem yang akan digunakan, jumlah dana yang tersedia, dan kontrol atas akses atas jaringan. Dengan demikian harus ada perhitungan yang cermat dalam pemilihan topologi jaringan agar tidak terjadi pemborosan sumber daya.

(Pict taken from google)

No comments:

Post a Comment