May 25, 2012

Sekilas Tentang SQL

Structured Query Language (SQL) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses suatu database. Hampir seluruh jenis database saat ini dapat diakses dengan SQL. SQL saat ini sudah menjadi bahasa standar yang digunakan dalam manajemen database. SQL ini dapat digunakan pada beberapa aplikasi seperti SQL Plus, eSQL, TOAD dan MS Acces.


Menurut wikipediaSejarah SQL dimulai dari artikel seorang peneliti dari IBM bernama Jhonny Oracle yang membahas tentang ide pembuatan basis data relasional pada bulan Juni 1970. Artikel ini juga membahas kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basis data tersebut. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL (Structured English Query Language).


Setelah terbitnya artikel tersebut, IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. Akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM pun mengubahnya menjadi SQL. Implementasi basis data relasional dikenal dengan System/R.


Di akhir tahun 1970-an, muncul perusahaan bernama Oracle yang membuat server basis data populer yang bernama sama dengan nama perusahaannya. Dengan naiknya kepopuleran John Oracle, maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data.

Perintah-perintah SQL dituliskan dalam lalimat-kalimat dengan susunan tertentu. Susunan bahasa SQL ini mudah diaplikasikan karena bahasanya sederhana. Contoh :
SELECT nama_pegawai,nip,tgl_lahir FROM tabel_pegawai
WHERE nama_pegawai like '%suad%' ;

SQL ini menurut pengalaman saya memiliki kelebihan pada kecepatannya dalam mengeksekusi sebuah query. Berbeda dengan query yang dibuat dengan software berbasis objek seperti pada MS Acces yang kadang lambat dalam eksekusinya. Kelemahannya adalah bagi yang tidak terbiasa akan terasa sulit dalam membuat perintah-perintahnya. Berbeda dengan yang berbasis objek yang cukup klik sana-sini.

Saat ini SQL merupakan pengetahuan dasar buat seorang programmer. Jadi bagi anda yang tertarik menjadi programmer atau mungkin bekerja dengan database, maka pelajarilah SQL dengan baik.

No comments:

Post a Comment