Apr 22, 2012

Battleship (2012)



Kisah tentang mahluk luar angkasa tidak pernah habis untuk dibuat cerita film. Pun termasuk dengan film Battleship ini. Cerita dimulai dari proyek NASA untuk membuka komunikasi dengan mahluk luar angkasa. Dengan alat komunikasi buatannya, NASA mencoba mengirim sinyal komunikasi ke planet lain di luar tata surya yang diduga memiliki kesamaan dengan bumi.

Alex Hooper (Taylor Kitsch) adalah seorang pemuda dengan bakat besar tapi memiliki karakter emosional dan nekat. Oleh saudaranya yang bekerja di US Navy, Stone Hooper (Alexander SkarsgÄrd), Alex dipaksa untuk bergabung dengan Navy. Secara kebetulan, Alex jatuh cinta pada Samantha (Brooklyn Decker) yang merupakan anak dari Admiral Shane (Liam Neeson), panglima dari armada laut tempat mereka bertugas.


Dalam RIMPAC 2012, sebuah acara rutin olahraga dan latihan bersama yang mempertemukan angkatan laut dari beberapa negara, Alex bertemu dengan perwira Angkatan Laut Jepang bernama Nagata(Tadanobu Asano). Sifat emosional Alex membawanya ke perseteruan dengan Nagata yang dimulai dari permainan sepak bola dan berlanjut di kapal perang. Oleh karena sikapnya ini, Alex terancam dipecat dari Navy.

Keadaan mulai berubah buruk saat lima benda asing memasuki bumi. Benda asing tersebut ternyata adalah armada tempur milik mahluk luar angkasa yang datang ke bumi akibat sinyal satelit pemancar dari NASA. Karena alat komunikasi mereka rusak, mahluk luar angkasa tersebut mencoba menggunakan pemancar milik NASA untuk berkomunikasi dengan planet asalnya untuk memanggil bantuan.

Armada tempur mahluk luar angkasa tersebut mendarat di laut tempat Alex dan yang lainnya berlatih. Pertempuran pun tak terelakkan. Dalam serangan mahluk luar angkasa tersebut, kapal perang yang dikomandoi oleh Stone Hooper hancur bersama awaknya. Alex Hooper sebagai perwira senior yang tersisa memimpin serangan balasan ke armada mahluk asing dengan bekerja sama dengan Nagata dan beberapa awak kapal yang tersisa. Dengan taktiknya, Alex berhasil menghancurkan salah satu armada asing tersebut, namun kapal perangnya hancur. Alex kemudian memutuskan menggunakan kapal perang tua U.S.S. Missouri yang sudah jadi museum. Dengan kapal tersebut Alex berhasil mengalahkan mahluk asing dan mencegah mereka mengirim sinyal komunikasi ke planet asal mereka.

Film ini menyajikan efek visual yang baik meski menurut saya ceritanya masih mudah ditebak. Film ini, seperti juga beberapa film lain, semacam propaganda tentang kekuatan militer angkatan laut Amerika. Film ini juga dipermanis dengan kehadiran Rihanna yang memerankan Raikes, salah seorang awak kapal perang. Film ini bisa jadi pilihan bagi anda yang suka dengan aksi perang atau bagi anda yang suka dengan fantasi teknologi mahluk asing. Film ini menurut saya memiliki soundtrack yang bagus untuk didengarkan, jadi jangan lewatkan.

No comments:

Post a Comment