Apr 25, 2012

The Sophomore - Pee Wee Gaskins (2009)


Anda pernah mendengar lagu Dari Mata Sang Garuda? Yups, lagu dengan lirik bertema patriotisme tapi dibawakan dengan gaya punk pop. Tipikal lagu yang mungkin masih kurang komersil di pasar Indonesia secara umum. Lagu yang dibawakan oleh grup musik Pee Wee Gaskins ini mengingatkan saya pada beberapa lagu grup musik Coklat seperti yang berjudul Bendera.


Pee Wee Gaskins adalah sebuah grup musik yang mengusung musik punk pop, aliran musik yang di Indonesia belum memiliki banyak pendengar setia. Grup ini beranggotakan Dochi, Sansan, Omo, Aldy, dan Ai. Sampai tahun 2012, mereka telah mengeluarkan 3 album yang salah satunya berjudul The Sophomore (dirilis tahun 2009).




Di album The Sophomore ini, Pee wee gaskin menunjukkan ciri khas dan kemampuan mereka menghasilkan musik serta lagu yang baik. Kekuatan album ini ada pada lirik yang ditulis dengan baik dan isi lirik yang banyak menggugah semangat. Hal ini tentu sangat berbeda dengan band-band dengan nuansa melayu yang liriknya kebanyakan dibuat sangat cengeng. Nuansa punk pada album ini terasa pada gebukan drumm dan teknik gitar pada beberapa lagu.


Coba dengarkan lagu Berdiri Terinjak. Di dalamnya ada sepotong lirik "ku tetap berdiri apapun kuhadapi". Lagu ini menceritakan bagaimana kita bisa jatuh, namun kemudian tetap harus bangkit dan melawan. Lagu ini sangat cocok untuk menjadi moodbooster di kala sedang penat. Dengarkan juga lagu dengan musik dan lirik yang membangkitkan semangat lainnya seperti Welcoming The Sophomore, Sebuah Rahasia, Hadapi Dunia atau Tentukan Akhir yang Terbaik.

Yang mungkin masih kurang dari album ini adalah kualitas perekaman suara yang masih kurang bersih. Terasa sangat berbeda dengan album baru mereka yang berjudul Ad Astra Per Aspera (2010) yang kualitas audionya sudah sangat bagus. Entah apakah ada pengaruh dari kemampuan finansial mereka atau mungkin karena pada album yang baru ini mereka lebih ke arah melodic punk. Namun bagi saya, album kedua merupakan album terbaik yang mereka pernah buat.

(Pict Taken From Wikipedia)

No comments:

Post a Comment