Apr 19, 2012

Musik 90an...!


Bekerja ditemani musik, apalagi di siang hari, selain memberikan perasaan rileks juga mampu membangkitkan kenangan-kenangan yang mungkin melekat pada lagu yang dimainkan. Musik memang memberi berbagai makna bagi para penikmatnya. Musik dapat menjadi media pengingat kenangan, pembangikt semangat, penyaluran emosi bahkan pelarian atas perasaan sentimentil. Musik adalah abadi bagi para penikmatnya. Musik yang bermutu tidak akan habis ditelan waktu.


Iseng-iseng membuka folder-folder lagu milik teman, saya menemukan sebuah folder dengan nama 90 Indonesia. Saya membukanya kemudian melayang ke masa di mana lagu-lagu didalamnya sangat akrab terdengar di telinga saya. Hampir setiap hari mungkin, lewat MTV atau acara musik lainnya. Isi foldernya memang tidak mencerminkan musik Indonesia generasi 90an secara menyeluruh. Isinya bahkan cenderung berasal dari penghujung abad 20. Tapi di masa itulah saya beranjak puber dan mengenal musik yang lebih dewasa. Tsaahhhhh.

Beberapa lagu membawa kenangan saat itu. Sebut saja Bragi dengan lagunya Janji. Kemudian Dik Doank dengan hitsnya Pulang serta tidak ketinggalan Base Jam dengan Bukan Pujangga. Lagu-lagu tadi dilengkapi lagi oleh Dot-Jangan, ME-Inikah Cinta, Wayang-Damai dan Memes-Pesawatku. Dan tentu saja tidak lupa di era saya itu ada dua band yang paling booming. Band yang menjadi favorit saya, juga oleh jutaan masyarakat lainnya : Sheila On 7 dan Padi.

Selera musik saya sudah sangat banyak berubah sejak masa itu, namun harmoninya mampu membangkitkan romansa masa lalu. Musik dan lirik yang mudah diikuti menjadi ciri khasnya. Subjektif mungkin, tapi itu yang saya rasakan. Dan akhirnya, se-metal, se-rock atau mungkin se-dangdut apapun saya nanti, lagu-lagu ini akan selalu menempati ruang yang khusus di hati saya.

(Pict teken from http://miwa-indonesia.forumotion.com/t78-music-indonesia-menurut-kamu)

2 comments:

  1. dengar playlist lagu2 90an memang membangkitkan memori. . . mana semuami itu penyanyinya di'. . .

    ReplyDelete
  2. SO7 ma Padi masih adaji... yang lain tenggelammi...hahaha

    ReplyDelete